Siapa sangka kan,batok kelapa bisa dibikin tas unik seperti gambar di samping :D
kalian penasaran,dan pengen cepet2 praktek ?
okelah.., langsung aja nih aku kasih tau caranya ,tapi siapin dulu bahan dan alatnya yah :D...
jangan sampe lupa.. ahahaha
Bahan :
1.Kelapa (jgn yg muda,batoknya akan lembek,tp jgn
   terlalu tua juga,kalau mau mendapatkan warna
   batok yg terang spt contoh di samping).
2. resleting yg agak panjang
3. jarum + benang (jarum yg agak besar & benang 
    di rangkap jadi 5 lapisan)

4. tali sepatu bekas
5. amplas kayu
6. pecahan kaca bekas gelas atau piring
Alat-alat :
1. gergaji besi
2. pisau atau golok
3. pensil
4. penggaris

5.Amplas
Begini cara membuatnya :


Pertama-tama,bersihkan serabut kelapa sedikit demi sedikit menggunakan golok atau pisau,untuk mempermudah proses pengerokan menggunakan pecahan kaca. Setelah itu haluskan permukaan batok menggunakan pecahan kaca hingga tidak bersisa serabut kelapanya lagi.
Selesai dg tahap di atas, lanjutkan dg meng-amplas permukaan batok hingga mulus sempurna.
Karena kelapa yg digunain tadi tidak begitu tua,jadi lubangin dulu tuh atasnya,terus masukin sedotan :D,lumayan... buat ngobatin haus daripada dibuang :v .
Setelah itu kasih tanda garis menggunakan pensil sebagai patokan untuk menggergaji nanti.
Lalu potong menggunakan gergaji besi,dan ambil daging kelapa yg ada di dalamnya sampai bersih.
Beri tanda menggunakan pensil berjarang 0,5 cm.Itu bermaksud sebagai patokan untuk melubangi.
Lalu lubangi menggunakan bor kayu,
hehe kalo bor yg ini hasil bikinan sendiri dari bekas dinamo mobil-mobilan RC .
Setelah itu jahit retsleting menggunakan benang dan jarum,dan jadinya seperti gambar di atas.
TarraaaaaAA....!!!!
Jadi deh :v

Pinter-pinter kalian ajah.., bisa kalian ukir permukaan batoknya sesuai selera kalian..,ataupun di cat ,tapi menurut aku,lebih unik dgn warna batok yg alami.




Gimana..,berniat untuk mempraktekkan???
Semoga berhasil ^_^)9 !!!

src:

0 comments:

Post a Comment

 
Top