PaperCraft Sadis , Asli keren !

PaperCraft atau pepakura dalam bahasa jepang adalah seni menusun kertas dengan pola . Berbeda halnya dengan Origami yang merupakan seni melipat kertas , Pepakura atau PaperCraft adalah menggabugkan berbagai macam pola di dalam kertas hingga menjadi sebuah bentuk Objek .

Misal kita akan membuat bentuk si kakek di Film "UP" , maka pola yang kita gunakan adalah seperti dibawah ini .
Itu adalah contoh simple dari Pola yang kita butuhkan untuk membuat papercraft atau Pepakura .

Untuk masalah kertas yang digunakan sendiri itu beragam , biasanya yang paling mudah dijumpai adalah kertas karton . Untuk selanjutnya kita download pola atau bisa juga anda membuat pola sendiri dengan Software khusus Pepakura / PaperCraft .
Kemudian Print gambar pola tersebut dan mulailah untuk memotong perbagiannya dengan menggunakan alat potong seperti misal Cutter atau gunting juga bisa .
Disini kita akan membutuhkan banyak lem yang super kuat dan cepat kering agar pengerjaan Papecraft sedikit lebih cepat tanpa menunggu lem kering .

Dan selanjutnya rangkai masing-masing bagiannya hingga menyerupai tokoh yang diinginkan .

Contoh Papercraft / Pepakura yang sudah jadi bisa dilihat dibawah ini




Dan ternyata Kesenian Paper Craft ini bisa jadi ladang bisnis juga loh . Sudah ada beberapa orang atau komunitas yang menjual berbagai macam jenis bentuk paper craft dengan harga yang beragam .
Dan ingat juga , sekarang ini masyarakat Indonesia tengah menggemari berbagai macam pernak pernik unik , begitu juga dengan warga asing yang sering melancong ke Indonesia .

Untuk membut Papercraft sendiri itu tidak terlalu rumit tergantung dari desain karakter yng di inginkan . Dan utuk awal anda belajar , mendingan bikin karakter yang simpel saja seperti misal spongeBob dengan mendownload polanya di Gugel .
Jika sudah terbiasa , ingat yang dibutuhkan di dalam membuat papercraft adalah "Telaten" dan sabar , kalau sudah terbiasa dengan papercraft , nanti bisa mencoba untuk desain karakter yang lebih rumit lagi .

Dan selalu ingat , semakin rumit , anda harus semakin telaten dan tentunya harga jual dari papercraft yang anda jual juga mahal .
Hargakesenian dinilai dari tingkat kerumitan desainnya .

Oke , mungkin itu saja yang saya ingin sampaikan untuk pertemuan kali ini dan selalu nantikan berbagai macam karya seni Inspiratif dan unik yang pastinya akan menambah wawsan anda dalam dunia seni dan kreatifitas .

Be Nice ! People !!! ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Bunga Dari Kulit Jagung

Cara Membuat Bunga Cantik Dari Kantong Kresek

Cara Membuat kotak Tisu Lucu Dari kain Flanel

Aksesoris lampu gantung